Jumat, 20 Februari 2015

Rangkuman Tenses


Paling susah menghapal-hapalin rumus tenses, ada yang kalimat nominal yang ngak ada kata kerjanya dan klaimat verbal yang menggunakan kata kerja dimulai dari kata kerja pertama (Verb 1) – kata kerja ketiga (Verb 3).
seperti rumus Present Tense untuk kalimat nominal :
+.       S + to be (is, am, are) + Complement              (Positive)
-.        S + to be (is, am, are) + not + Complement     (Negative)
?.       To be (is, am, are) + S + Complement             (Interrogative)dan untk kalimat verbal :
+.       S + V1 (s/es) + Adverb                            (Positive)
-.        S + do/ does + not + V1 + Adverb           (Negative)
?.       Do/ does + S + V1 + Adverb                    (Interrogative)
terkadang kita masih lupa dan binggung harus menggunakan kata kerja ke berapa ?. Tapi setiap kalimat kata kerja pada tenses yang menggunakan kata Perfect selalu menggunakan V3, seperti : have/ has + beenhave/ has + V3 dan Perfect Continousselalu menggunakan have/ has + been + V1-ing (hanya pada Past Tensesmenggunakan had + beenhad + V3  ; lalu pada Past Perfect Continous menggunakanhad + been + V1-ing. 
Dan semua tenses selalu menggunakan kata kerja pertama (Verb 1) hanya ada ditambah(s/ es, ataupun -ing). Hanya pada Past Tense saja yang menggunakan kata kerja ke-2 (Verb 2).
Selalu pada kalimat yang akan dilakukan sekarang selalu menggunakan to be (is, am, are), do/ does.
tapi saya akan membantu Anda yang kesulitan untuk menghapal rumus-rumus tenses tersebut dengan dirangkum dan juga Time Signal-nya menjadi seperti ini :
untuk kalimat sekarang (baru saja terjadi, tadi, kebiasaan) dan lampau (kemarin, minggu lalu, telah terjadi) ni nih rumus-rumusnya, udah saya rangkum dari berbagai sumber :
Tenses page 1
dan untuk kalimat yang akan dilakukan dimasa depan (besok, akan dilakukan nanti, segera) atau kalimat yang telah dilakukan di masa lalu/ dari masa lampau telah terjadi (sejak, menjelang ) dan ni lah rumus-rumusnya :
Rumus Tenses page 2
semoga berguna buat kita semua atau buat Anda yang sulit untuk menghapal rumus Tenses menjadi lebih mudah, dan bisa membantu kita agar lebih mudah belajar Bahasa InggrisThanks for your attention !
Ingat ! : Tenses Perfect Continous hanya mempunyai 1 rumus saja. To be (was/ were) selalu digunakan pada kalimat waktu lampau (Past)Will/ shall digunakan pada kalimat waktu yang akan datang (Future). Dan terakhir Would/ should digunakan pada kalimat yang telah dilakukan pada waktu lalu/ lampau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar